Smanba Adakan IHT Pembuatan Soal HOTS dan STEAM

Smanba Adakan IHT Pembuatan Soal HOTS dan STEAM

Bangil – Smanba adakan Kegiatan In House Training mengenai pembuatan soal yang bertipe Higher Order Thingking Skills (HOTS). Kegiatan ini diadakan selama dua hari yakni 3-4 September 2019 dengan peserta dari bapak ibu guru SMA N 1 Bangil selaku pihak sekolah zonasi dan beberapa guru dari sekolah imbas.

Pembuatan soal HOTS ini bertujuan untuk mendorong peserta didik untuk bernalar tingkat tinggi sehingga tidak terpaku hanya pada satu pola jawaban yang dihasilkan dari proses kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Sebagaimana tuntutan pada abad 21, peserta didik diharapkan mampu untuk berpikir secara kritis, Kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.

Sementara itu, tuntutan lain dalam dunia pendidikan saat ini adalah bagaimana menyediakan sebuah sistem pendidikan yang menjembatani antara era teknologi dalam pemenuhan pengetahuan dan Keterampilan siswa. Berkaca dengan keadaan tersebut, metode pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) mampu menciptakan sebuah sistem pembelajaran secara kohesif dan aktif untuk peserta didik.

Selain itu pula, metode pembelajaran ini secara langsung akan memberikan latihan kepada peserta didik untuk mengintegrasikan keempat aspek sekaligus. Sehingga, proses belajar menjadi lebih terarah dan mengasah kemampuan peserta didik dalam memahami konsep sekaligus menganalisa sebuah kasus atau pengetahuan secara mendalam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *