Pelaksanaan Masa Orientasi Pramuka (MOP) dan Diklat Ekstrakulikuler

Bangil – Sabtu, 14 sept 2019, Smanba mengadakan kegiatan Masa Orientasi Pramuka (MOP) dan dilanjutkan dengan pelaksanaan diklat ekstrakulikuler yang diikuti oleh seluruh peserta didik SMAN 1 Bangil di Aula Besar. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 14-15 September 2019, yang dibuka oleh Kepala SMAN 1 Bangil pada pukul 07.30 WIB dan dihadiri oleh guru-guru SMAN 1 Bangil. Dalam pembukaan ini, Bapak Dwi Cahyosetiyono, S.Pd, M.Pd selaku Kepala Sekolah menyampaikan pentingnya pendidikan kepramukaan bagi perkembangan sikap peserta didik diantaranya sikap disiplin dan terampil.

Kegiatan MOP ini dibagi menjadi 2 sesi yakni sesi pertama dimulai pukul 07.00-09.30 WIB untuk kelas XI dan XII.
Sedangkan pada sesi kedua dimulai pukul 09.30-14.30 WIB. Pembagian sesi ini bertujuan agar materi yang disampaikan dapat terserap dengan baik dan benar. Materi MOP Kali ini berkaitan dengan peran Pramuka pada era milineal dan dalam menghadapi dunia revolusi industri 4.0 dimana menuntut peserta didik yang kompeten.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan diklat ekstrakulikuler mulai pukul 15.30 WIB. Tahun ini sebanyak 20 ekstrakulikuler yang melaksanakan diklat. Tujuan dari pelaksanaan diklat ini tidak lain adalah mengukuhkan keanggotaan setiap ekstrakulikuler dan memperkenalkan lebih dalam program kerja yang akan dilaksanakan selama satu tahun ajaran. Selain itu, melalui pelaksanaan diklat ini siswa dapat lebih bertanggung jawab.

“Diharapkan peserta didik dapat mengemban tanggung jawab, memajukan kegiatan ekskul, mengharumkan nama smanba tercinta di dunia luar”, pungkas Bapak Sirrojjudin Bachri yang merupakan salah satu pembina ekstra Drumb Band.

Keesokan harinya, kegiatan MOP dan diklat esktrakulikuler ditutup oleh Bapak Sugiono selaku Waka Kesiswaan pada pukul 10.00 WIB