PERINGATAN HARI BUMI

 Senin, 6 Mei 2013 10:48:18 - oleh : wahyudi
Rating: 5.3/10 (7 votes cast)
Share |

PERINGATAN HARI BUMI



Dalam rangka memperingati Hari Bumi Se-dunia 22 April yang diadakan tanggal 06 Mei 2013 UPT SMAN I Bangil sebagai sekolah Adiwiyata menghimbau kepada warga sekolah SMAN I Bangil dan masyarakat kota Bangil dan sekitarnya untuk selalu menjaga dan memelihara bumi demi generasi sekarang dan masa depan.
Dalam rangka memperingati Hari BumiSedunia, SMAN I Bangil melakukan aksi:

 

 


1. Kampanye penyelamatan bumi untuk menjaga dan memelihara lingkungan melalui penyebaran setebaran ke warga sekolah dan masyarakat sekitar.
2. Melakukan aksi mematikan mesin kendaraan (motor) saat memasuki sekolah, yang ditetapkan sekolah dari One Day Free Pollution menjadi Every Day Free Pollution, sebagai tindak fanjut sekolah Adiwiyata Propinsi     menuju Sekolah Adiwiyata Nasional.
3. Kampanye kepada warga sekolah dan masyarakat umum untuk tidak membakar sampan yang ada disekitamya.
4. Kampanye kepada warga sekolah untuk tidak merokok.



Berikut beberapa manfaat dari program Every Day Free Pollution :
1. Mengurangi tingkat pencemaran udara di lingkungan sekolah.
2. Menciptakan kondisi lingkungan sekolah yang sehat.
3. Gerakan mengurangi pemanasan global.
4. Gerakan menjaga dan memelihara lingkungan



Berikut tni 5 fakta berbahaya dari aktivitas membakar sampan:
1. Pembakaran sampan akan menghasilkan karbonmonoksida (CO) yang bits terhirup manusia dapat   mengganggu fungsi kerja hemoglobin (sel darah merah) yang semestinya mengangkut dan mengedarkan oksigen (02) ke seluruh tubuh. Kekurangan 02 ini bisa menimbulkan kematian.
2. Hasil pembakaran sampah yang mengandung klorin dapat menghasilkan 75 jenis zat beracun.
3. Asap dari pembakaran sampah mengandung benzopirena (gas beracun penyerang jantung) sebanyak 350 kali. Zat ini ditengarai sebagai penyebab kanker dan hidrokarbon berbahaya.
4. Menghasilkan partikel debu halus atau Particulate Matter (PM) yang mencapai level PM 10 (10 mikron). zat ini tidak dapat disaring oleh alat pernapasan manusia, sehingga bisa masuk ke paru-paru dan     mengakibatkan gangguan pernapasan.   ^
5. Kabut asap yang tebal dan mengurangi jarak pandarig akan memicu terjadinya kecelakaan.



AKIBAT MEROKOK BAGI KESEHATAN
1. Menyebabkan penyaktt jantung.
2. Kanker paru (tar sigaret / partikel yang ada dalam asap rokok secara reguler melewati saluran pernapasan, dengan pelahan menyebabkan kelainan pada sel-sel saluran pernapasan.
3. Emphysema (emphysema ditandai dengan runtuhnya dinding alveoli (kantong udara) sehingga mengurangi luas permukaan tempat terjadinya pertukaran udara di paru-paru, kantong udara kehilangan elastisitasnya     sehingga kesukaran menghirup udara dan mengalami kesulitas bernapas).
4. Bronkhitis khronik (peradangan dan sekresi berlebihan dari sel-sel bronkhi meningkatkan dahak disertai dengan batuk untuk mengeluarkan sekresinya)
5. Merokok berkaitan dengan meningkatnya kemungkinan kejadian kematian neonatal & kematian bayi dalam kandungan.



SELAMAT MEMPERINGATI HARI BUMI SEMOGA BUMI KITA LESTARI DEMI ANAK CUCU

kirim ke teman | versi cetak

Share |

Berita "Berita Terkini" Lainnya

Logo