SIANG INI SOSIALISASI KURIKULUM 2013 DAN UKG

 Selasa, 7 Mei 2013 13:01:27 - oleh : wahyudi
Rating: 4.3/10 (6 votes cast)
Share |

SIANG INI SOSIALISASI KURIKULUM 2013 DAN UKG

Untuk mempersiapkan tenaga pendidik dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 yang akan mulai diberlakukan di kelas X pada tahun pelajaran 2013/2014 mendatang, SMA Negeri 1 Bangil pada Selasa, 07 Mei 2013 mengadakan sosialisasi Kurikulum  Perekat Kesatuan Bangsa (KPKB) atau lebih populer Kurikulum 2013 dan Uji Kompetensi Guru. Hadir sebagai narasumber dari Pengawas Satuan Pendidikan Kabupaten Pasuruan adalah Bapak Drs. H. Fathurrozi, M.Pd Sebagai Koordinator Pengawas SMA dan Bapak Sentot Irianto, M.Pd sebagai pengawas SMAN Bangil.



Bapak Sentot Irianto, M.Pd menyampaikan  bahwa pada akhir tahun ini pihak sekolah SMAN Bangil harus melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG). Pelaksanaa UKG tidak perlu dikhawatirkan, karena memang jelas tujuannya, untuk pemetaan kompetensi dan sebagai dasar kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan. UKG adalah pengujian terhadap penguasaan kompetensi profesional dan pedagogik guru dalam ranah kognitif, sebagai dasar penetapan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan dan bagian dari penilaian kinerja guru.



Bapak Sentot Irianto, M.Pd menambahkan bahwa posisi, keberadaan dan kedudukan guru amat penting strategis.  Melalui UKG bukan hanya kesiapan yang akan diukur, tapi lebih jauh lagi adalah kelayakan seseorang menjalani profesi guru. Sehingga menjadi guru, disamping panggilan hati nurani, dia harus siap dan layak untuk menjalani profesi. Kelayakan menjalani profesi guru sangat penting mengingat tugas guru memiliki ukuran multi dimensional yang sangat kompleks terkait dengan penyiapan penyiapan generasi penerus.



Sementara itu,  Koordinator pengawas SMA Dinas Pendidikan Drs. H. Fathurrozi, M.Pd meminta kepada para guru untuk mensikapi secara wajar atas perubahan kurikulum dari KTSP ke KPKB atau lebih populer dengan kurikulum 2013. Bagi guru yang harus diperhatikan adanya perubahan empat standar, yaitu standar kompetensi lulusan, proses, isi, dan standar penilaian.

Kesiapan guru menjadi sangat penting adanya kurikulum 2013, karena kurikulum ini bertujuan mendorong peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka peroleh melalui pembelajaran. Disinilah guru berperan lebih besar dalam mengiplementasikan tiap proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Guru dituntut dalam pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.



Kegiatan yang dilaksanakan hari ini Selasa, mulai pukul 10.00 WIB s.d 13.30 WIB Berjalan dengan baik, walaupun di siang hari bapak ibu guru tetap semangat dan tak satupun yang beranjak dari tempat duduk. Dengan kegiatan sosialisasi Kurikulum 2013 dan UKG ini, diharapkan ke depan para pendidik di SMA Negeri Bangil dapat meningkatkan kualitas dan pelayanannya kepada peserta didik.

kirim ke teman | versi cetak

Share |

Berita "Berita Terkini" Lainnya

Logo