MERDEKA ke-64, Apresiasi untuk Negeri

 Rabu, 2 September 2009 12:54:02 - oleh : mashisyam
Rating: 4.5/10 (11 votes cast)
Share |

Tak terasa sudah negara kita merdeka selama 64 tahun. Banyak para pahlawan bangsa yang gugur di medan perang untuk mengibarkan  Sang saka Merah Putih. Sampai mereka merelakan nyawanya untuk untuk mencapai kemerdekaan. Perjuangan untuk mencapai merdeka bukan dari daerah kita saja melainkan dari Sabang sampai Merauke berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia. Banyak berguguran pahlawan bangsa yang berjuang demi meraih serta mempertahankan kemerdekaan. Sepantasnya mereka memperoleh apresiasi yang tinggi atas jasanya dalam mencapai merdeka pada 17 Agustus 1945.

Di SMAN 1 BANGIL perayaan 17 Agustus diperingati dengan mengadakan berbagai lomba yang disajikan mulai dari sepak bola ,tarik tambang, kebersihan kelas, catur, gobag sodor dan jantung sehat yang diikuti oleh seluruh warga SMAN 1 BANGIL. Acaranya pun bisa dipastikan begitu meriah dan heboh. Tak luput guru-guru pengajar juga ikut lomba untuk memeriahkan suasana. Mulai dari lomba nyuwun tempe untuk ibu-ibu guru hingga lomba meracik bumbu dengan peserta bapak-bapak guru.

Perlombaan sepak bola dipertandingkan di aula sekolah yang diikuti oleh perwakilan kelas masing-masing. Pertandingan sepak bola ini bisa menjalin rasa persahabatan antar siswa dan siswi. Mereka bermain sepak bola tidak mempedulikan tubuh mereka yang kotor dan luka untuk mencapai kemenangan seperti yang di lakukan oleh para pahlawan yang tidak mepedulikan butiran peluru yang bersarang di tubuh mereka. Walau demikian mereka tetap berlari dan berjuang untuk mencapai kemerdekaan. Sama dengan bermain sepak bola, mereka berlari untuk menggiring bola mencapai gawang musuh guna mencetak gol kemenangan.

Perlombaan tarik tambang juga tidak kalah serunya dengan sepak bola. Permainan ini identik dengan otot-otot yang kuat dan kekompakan dalam tim. Sama juga yang dilakukan oleh para pahlawan berjuang menggunakan otot, otak, serta kekompakan juang tinggi yang menjunjung nilai nasionalisme luhur untuk bangsa dan negara. Karena pada saat itu mereka berjuang dengan bambu runcing melawan persenjataan musuh yang lebih canggih. Sama halnya dengan pertandingan tarik tambang. Perlombaan tarik tambang sangat lelah dan bahkan melecetkan tangan para peserta lomba. Tapi hal ini tidak mengurangi jiwa semangat juang mereka untuk meraih kemenangan yang membanggakan. Rasa sakit dan lelah mereka hilang dengan rasa semangat yang tinggi untuk menghormati para pahlawan.

Perlombaan kebersihan kelas adalah salah satu penghormatan hari 17 Agustus dengan nuansa kemerdekaan. Dengan di adakan perlombaan ini bisa memotivasi para siswa untuk berkreasi dan berimajinasi. Bagaimana cara menghias kelas kita menjadi lebih bagus dan indah serta juga bisa dimanfaatkan menjadi ajang kekompakan kelas. Banyak siswa menghias kelasnya dengan pernak-pernik yang lucu dan unik. Mereka juga mengisi mading kelas dengan tema kemerdekaan yang begitu atraktif nan kreatif

Catur adalah perlombaan yang sangat memeras otak dan membutuhkan penguasaan taiktik yang mumpuni. Sama halnya yang di lakukan oleh para pahlawan untuk mengalahkan para penjajah yang ada di tanah air kita. Mereka menggunakan trik-trik yang sangat hebat. Seperti contoh, Bandung lautan api julukan yang pantas bagi masyarakat Bandung. Mereka membakar seluruh bangunan yang ada di Bandung, supaya tidak dihuni oleh para penjajah untuk bersembunyi. Semangat kemerdekaan mereka harus kita pertahankan sesuai dengan jiwa – jiwa luhur para pahlawan yang berhasil merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia dengan mengadakan berbagai macam lomba merupakan salah satu wujud apresiasi SMAN 1 BANGIL terhadap makna hari yang sangat bersejarah tersebut. Marilah kita sebagai warga SMAN 1 Bangil mensyukuri hari kemerdekaan Indonesia sebagai langkah untuk menatap masa depan yang lebih baik lagi. Sebagai generasi penerus penerus bangsa, seyogyanya kita mengisi kemerdekaan dengan belajar sungguh-sungguh guna memajukan kehidupan bangsa. Agar kita sejajar dengan bangsa-bangsa terpandang lain di dunia. Marilah kita tunujukkan bahwa kita, Indonesia, benar-benar merdeka dan terbebas dari berbagai penjajah apapun. Baik penjajahan kekuasaan, penjajahan kemiskinan, penjajahan kebodohan, serta penjajah-penjajah lain yang menghambat kemajuan bangsa......MERDEKA!!!

kirim ke teman | versi cetak

Share |

Berita "Berita Terkini" Lainnya

Logo