PROGRAM KERJA KESISWAAN

A.  LATAR BELAKANG

Upaya peningkatan mutu kualitas Sumber Daya Manusia yang
cerdas, terampil, berakhlak mulia dan mampu hidup bersaing  adalah
tuntutan dari perkembangan zaman pada saat ini. Oleh karena itu upaya
peningkatan SDM ini harus diprogramkan secara terstruktur, berkesinambungan dan
di evaluasi secara berkala. Hal ini menjadi semakin penting karena
perubahan-perubahan akibat perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi (Iptek)
serta komunikasi menjadi semakin tidak kentara.

Salah satu bagian yang penting dalam upaya tersebut adalah
sekolah sebagai fungsi pendidikan berkewajiban untuk mengembangkan kemampuan
serta membentuk watak dan kepribadian bangsa yang bermartabat, khususnya
generasi muda sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani
bagi pembangunan nasional. Kompetensi penyelenggaraan pendidikan yang mengacu
pada kompetensi peserta didik yang diarahkan pada kompetensi multiple
intelegensi 
sangatlah diharapkan. Oleh karena itu, perlu disusun program
kerja kesiswaan sebagai upaya pengembangan Potensi Diri Peserta didik sangat
diperlukan dalam membantu mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

B. MAKSUD DAN TUJUAN

1. MAKSUD

    Mengusahakan agar para peserta didik dapat tumbuh dan berkembang sebagai manusia   Indonesiaseutuhnya sejalan dengan tujuan pendidikan Nasional

2. TUJUAN

a.  Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik.

b.  Menumbuhkan sikap positif dalam berbangsa danbernegara dengan berdasarkan Pancasila.

c.  Mengembangkan seluruh potensi pesertadidik secara maksimal, baik potensi akademik maupun non akademik.

d. Menyiapakan warga negara menujumasyarakat belajar yang cerdas dan memahami nilai-nilai masyarakat yang beradab.

e.  Menemukan dan memunculkan potensi-potensi yang ada pada diri peserta didik sehingga timbul kecakapan hidup(life skill) yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.

f.   Memberikan bekal kemampuan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan hidup bermasyarakat.

g.   Menumbuhkan daya tangkal pada diri peserta didik terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah.

h.    Meningkatkan kemampuan peserta didik
sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan
lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar.

i.      Meningkatan  apresiasi dan penghayatan seni.

j. Meningkatkan kesegaran jasmani dan daya kreasi peserta didik untuk memantapkan keseimbangan antara pertumbuhan jasmani dan rohani.

C.  SASARAN PEMBINAAN

Sasaran Pembinaan adalah seluruh peserta didik kelas X, XI dan XII SMAN 1 Bangil tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak   1261 orang. 

D. RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN

1.    Kegiatan Organisasi Siswa (OSIS)

2.    Kegiatan Ekstrakurikuler

3.    Kegiatan Program Unggulan Akademik dan Non Akademik.

4.    Kegiatan Program Sekolah Adiwiyata

5.    Kegiatan Program Literasi

E. HASIL YANG DIHARAPKAN

1. Mampu melahirkan SDM yang memiliki keimanan, ketaqwaan, berkualitas, kompetitif,berdedikasi, mandiri dan profesional.

2.  Mampu meningkatkan prestasi peserta didik sesuai bakat dan minat peserta didik

3. Mampu meningkatkan pelayanan pendidikan kepada peserta didik melalui jalur pembinaan
penyelamatan peserta didik dari bahaya perilaku menyimpang di kalangan peserta
didik dan jalur pemberdayaan potensi diri.

F.  STRATEGI PEMBINAAN

1.  Melakukan koordinasi dengan Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Wilayah Kab./Kota Pasuruan

2.  Difasilitasi dan dibimbing oleh :

a.Guru Mata Pelajaran

b.Guru Bimbingan Konseling (BK)

c.Pembina OSIS

d.Pembina Ekstrakurikuler

Pelatih Ekstrakurikuler