Dalam rangka memperkenalkan peserta didik mengenai lingkungan sekolah, SMAN 1 Bangil melalui Permendikbud 18 Tahun 2016 mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dimulai pada hari Senin, 15 Juli 2019 sampai dengan 20 Juli 2019. 

 Kegiatan MPLS ini diawali dengan upacara bendera sekaligus penyematan tanda penerimaan peserta didik baru. Tahun ini, SMAN 1 Bangil menerima 432 siswa dari berbagai jalur penerimaan. Dengan kegiatan ini, diharapkan peserta didik baru bisa mengenali potensi diri, beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, memotivasi semangat belajar, menumbuhkan perilaku positif, dan yang tak kalah penting adalah menumbuhkan pendidikan karakter di kalangan peserta didik. 

Adapun narasumber dalam kegiatan MPLS ini merupakan guru-guru SMAN 1 Bangil yang sudah terbukti dedikasi dan kualitasnya, dan melibatkan pihak-pihak lain seperti Petugas Kesehatan, TNI dan POLRI. 

Kegiatan MPLS ini ditutup dengan demo ekstrakulikuler yang mana diharapkan setiap peserta didik baru dapat mengenali dan memilih jenis ekstrakuliler yang sesuai dengan bakat dan minatnya.